SISTEM ENTERPRISE RESOURCE PLANNING (ERP) BERBASIS WEB DENGAN PENDEKATAN OBJECT-ORIENTED PROGRAMMING (OOP) BAGI KEDAI KOPI

Web-Based Object-Oriented Programming (OOP) Enterprise Resource Planning (ERP) System for Coffee Shops

  • Irfan Ardiansah Universitas Padjadjaran
  • Abdurachman Ghifary Universitas Padjadjaran
  • Selly Harnesa Putri Universitas Padjadjaran
  • Devi Maulida Rahmah Universitas Padjadjaran
  • Yanti Rubiyanti Universitas Padjadjaran
  • Ryan Hara Permana Universitas Padjadjaran
Keywords: Administratif, Enterprise Resource Planning, Object-Oriented Programming, Sistem informasi berbasis web, Efisiensi operasional

Abstract

Kadatuan Koffie, sebuah perusahaan penjualan kopi yang telah beroperasi selama hampir sepuluh tahun, telah menghadapi tantangan dalam menjalankan operasinya secara manual. Aktivitas administratif, seperti pencatatan laporan keuangan, riwayat transaksi, manajemen pergudangan, dan lainnya, masih dilakukan dengan cara konvensional. Kondisi ini semakin rumit seiring bertambahnya volume data. Enterprise Resource Planning (ERP) menjadi solusi sistem informasi yang mengintegrasikan semua unit dan fungsi dalam sebuah organisasi ke dalam satu sistem komputer terintegrasi, memenuhi kebutuhan spesifik dari berbagai unit. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan sistem informasi ERP berbasis web untuk meningkatkan efisiensi operasional Kadatuan Koffie menggunakan metode Object-Oriented Programming (OOP). Hasilnya adalah aplikasi ERP berbasis web yang telah berhasil diimplementasikan dan menjadi bagian integral dari operasional harian Kadatuan Koffie. Sistem ini mencakup pencatatan data pemasukan, pengeluaran, manajemen stok, dan penyusunan laporan keuangan sesuai kebutuhan perusahaan. Penilaian kinerja sistem informasi menunjukkan hasil yang sangat baik pada berbagai kriteria. Berdasarkan wawancara dengan responden, evaluasi menunjukkan bahwa sistem ERP yang dibangun dinilai "sangat baik" dengan mayoritas nilai tinggi pada setiap kriteria dengan perbandingan nilai "sangat baik" dan "baik" adalah 64.7% dan 35.3%, menandakan tingkat keberhasilan dan penerimaan yang tinggi terhadap sistem di kalangan penggunanya.

Published
2024-03-31
Section
Articles