SISTEM INFORMASI PENGADUAN MAHASISWA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MATARAM BERBASIS WEBSITE
Website-Based Student Complaint Information System Of Engineering Faculty Of Mataram University
Abstract
Pendidikan tinggi memiliki peran krusial dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Fakultas Teknik Universitas Mataram, sebagai salah satu bagian dari institusi pendidikan tinggi di Indonesia, turut serta dalam upaya ini melalui peran mahasiswanya. Pengalaman mahasiswa selama perkuliahan memiliki dampak signifikan terhadap pencapaian visi dan misi fakultas. Namun, dalam konteks ini, terdapat ketidakjelasan mengenai sistem pengaduan yang ada, yang dapat menghambat mahasiswa dalam menyampaikan masalah yang mereka hadapi di lingkungan kampus. Survei yang dilakukan di Fakultas Teknik Universitas Mataram mengungkapkan bahwa sebagian besar mahasiswa mengalami kebingungan terkait keberadaan sistem pengaduan. Oleh karena itu, diperlukan wadah yang terstruktur dan efektif untuk menampung aduan mahasiswa. Salah satu pendekatan yang dapat dilakukan adalah dengan merancang dan membangun sistem informasi pengaduan. Metode Personal Extreme Programming (PXP) dipilih untuk pengembangannya karena fleksibilitasnya terhadap perubahan dan penekanan pada kualitas pengembangan pribadi. Aplikasi pengaduan yang dihasilkan akan memberikan mahasiswa kemudahan dalam melaporkan masalah dan memudahkan admin dalam memproses aduan apabila diimpelemntasikan, sehingga dapat membantu meningkatkan kualitas fasilitas dan lingkungan belajar di kampus. Hal tersebut dibuktikan berdasarkan hasil pengujian yang sudah dilakukan oleh dekan, wakil dekan, ketua jurusan, staf, dan mahasiswa di Fakultas Teknik Universitas Mataram. Hasil pengujian memperoleh hasil sebesar 87.2% yang menunjukkan bahwa sistem informasi pengaduan mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Mataram dapat dikatakan baik.